03/12/11




Tidak ada apapun yang berkualitas di dunia ini yang harganya MURAH. Barang-barang obralan memang banyak tapi selalu sesuai dengan kualitasnya. Ada barang-barang discount di box-box toko ternama selalu disesuaikan dengan kualitasnya, misalnya harga mulai rp.5000,- sampai ratusan ribu. Manusia pada umumnya selalu ingin yang murah tapi bagus atau berkualitas, kayaknya kamu gak bakal dapet deh. Yang ada barang-barang yang lumayan. Saya pernah kog duluuuu sekali, kalau gak salah ingat sekitar tahun 80an, beli sandal yang ...... emang mahal sih dibanding  sandal biasa, pakenya sampe bosen gak rusak-rusak, terus akhirnya dikasihin ke adik, dia bilang sandalnya bandel...entah yah sekarang ada dimana, kayaknya belum terurai deh, wong kantong plastik biasa aja terurainya 100 tahun lagi....dimana saya dan kamu seratus tahun lagi > surga atau neraka ya ? hehehe

Nah, ngomong2 soal kualitas nih emang agak susah, modalnya gede. Kalau saudara-saudara kita dari suku Batak, kalau punya anak perempuan yang sarjana nah tuh, para lelaki yang beruntung yang siap meminang harus "nego" 'ma orang tua perempuannya "berapa harga yang harus dibayarkan" sebagai tanda penghargaan atas jasa orangtua yang telah membiayai anak perempuannya. Kalau orang Cina, ada tuh uang "susunya" bener lho..! kalau gak percaya tanya deh 'ma  orang-orangtua. 

Ssst...... tapi penghargaan itu hanya berlaku kalau anak perempuan tersebut masih 'suci' alias perawan. Kalau udah gak perawan yang gitu-gitu gak kepake, yang ada cepet-cepet nikah deh, asal pesta, yang penting resmi. Pemberkatan nikahnya dirumah aja kalau di GSJA, digereja malu 'kan ? (dan emang dilayaninya dirumah aja sambil dibimbing untuk bertobat minta ampun, trus didoain deh) Emang sih ada GSJA yang kecolongan karena yang mo nikah tuh bohong data alias dusta, makanya trus abis itu kagak gereja deh.

Tahukan anda ? Nih yang begini nih tuh suka ngerepotin, ya orangtuanya, ya gerejanya, ya lingkungannya...ya iyalah 'kan surat-suratnya harus dilengkapi ?, surat nikah, surat babtis, surat keterangan belum pernah menikah kalau udah pernah nikah trus belum cerai gimana ? wah ...bisa jadi perkara kan ? 

Kaum Muda Remaja GSJA, rawatlah dirimu dengan sebaik-baiknya, meskipun kau sederhana atau apalah namanya, tapi dirimu itu sangat berharga kalau kamu sendiri menghargainya. Kalau kamu cantik jangan "ge er" lho, belum tentu 'laku' sekarang banyak kog perempuan-perempuan cantik yang bertaburan dimalam hari...siap menjajakan dirinya. Tapi kalau kau memang berkualitas, artinya cantik hati dan terampil, baik hati pula, penuh cinta kasih lagi, jangan takut pasti 'laku' hehehe....(sori ya pake istilah ini). Yang laki-laki sejati apalagi...hm.... laki-laki sejati tuh kayak siapa ya ? Daniel...tuh yang di ceburin kegua singa itu lho, ya..

Caaaraaaanyaaa ???

Mzm 119:9  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Bil 31:18  Tetapi semua orang muda di antara perempuan yang belum pernah bersetubuh dengan laki-laki haruslah kamu biarkan hidup bagimu.

Menjaga supaya kelakuannya bersih maksudnya ?

Badan yang gak bersih, gampang lah bersihinnya tinggal mandi kan ? (meskipun ada juga orang-orng muda gak laki gak perempuan yang males mandi...kata'nya'...mudah-mudahan kagak bener ye ?) Tapi kalau kelakuan, gimana bersihinnya kalau kotor ? gak bisa dengan mandi kan ? 
Makanya harus  ada kerja sama yang baik dari pihak-pihak yang berkepentingan
kesatu  : orangtua harus menjadi teladan  (ada artikelnya sendiri)
kedua  : anak-anak, telinganya dimanfaatkan dengan baik, mumpung masih bisa denger. Kalau orang tua nasehatin ya dengerlah, kan banyak tuh anak-anak yang suka melawan orangtua, nyeselnya dikemudian hari kalau 'dah sakit, patah hati, gak lulus ujian, gak dapet kerja, susah dapet pacar, dan macem-macem lagi.
ketiga  : paling penting dari semua yang penting dan paling pertama dari yang utama. CARI TUHAN alias deket Tuhan.

1 ¶  Amsal-amsal Salomo bin Daud, raja Israel,
2  untuk mengetahui hikmat dan didikan, untuk mengerti kata-kata yang bermakna,
3  untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, serta kebenaran, keadilan dan kejujuran,
4  untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda—
5  baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan—
6  untuk mengerti amsal dan ibarat, perkataan dan teka-teki orang bijak.
7 ¶  Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.
8  Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu
9  sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.

22  "Berapa lama lagi, hai orang yang tak berpengalaman, kamu masih cinta kepada keadaanmu itu, pencemooh masih gemar kepada cemooh, dan orang bebal benci kepada pengetahuan?
23  Berpalinglah kamu kepada teguranku! Sesungguhnya, aku hendak mencurahkan isi hatiku kepadamu dan memberitahukan perkataanku kepadamu.
24  Oleh karena kamu menolak ketika aku memanggil, dan tidak ada orang yang menghiraukan ketika aku mengulurkan tanganku,
25  bahkan, kamu mengabaikan nasihatku, dan tidak mau menerima teguranku,
26  maka aku juga akan menertawakan celakamu; aku akan berolok-olok, apabila kedahsyatan datang ke atasmu,
27  apabila kedahsyatan datang ke atasmu seperti badai, dan celaka melanda kamu seperti angin puyuh, apabila kesukaran dan kecemasan datang menimpa kamu.
28  Pada waktu itu mereka akan berseru kepadaku, tetapi tidak akan kujawab, mereka akan bertekun mencari aku, tetapi tidak akan menemukan aku.
29  Oleh karena mereka benci kepada pengetahuan dan tidak memilih takut akan TUHAN,
30  tidak mau menerima nasihatku, tetapi menolak segala teguranku,
31  maka mereka akan memakan buah perbuatan mereka, dan menjadi kenyang oleh rencana mereka.

Khusus untuk para kaum laki-laki, nah baca tuh kitab Daniel cuman 13 pasal kog, pendek-pendek lagi, tapi seru bacanya, bisa sambil berimajinasi seolah-olah kamu itu Daniel, Sadrakh, Mesak dan Abednego...terutama tuh yang dikasih nama 'ma ortunya sama. Kayaknya ortumu berharap supaya pribadimu sesuai namamu, coba deh dikonfirmasi ? (iya yang namanya sama...) yang gak sama pun diharapkan sama seperti pemuda-pemuda tadi kan ? ha gimana sih kamu ? hehehe....


 Kesimpulan

Harga mu sesuai pribadimu, kamu yang memilih berapa kau mau menghargai diri mu, murah ? pasti gak berkualitas dong...’mahal’ ? pasti berkualitas. Kamu yang meng-harga-i-nya. 
Itu saja ? Sesederhana itu ?
Tentu tidak ! itu sebabnya JANGAN LUPA dan JANGAN MALES KEBAKTIAN.
Untuk terus mendapat bimbingan, gitu lho....
Khusus untuk KMR  GSJA Serang. by tante Lyd


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
  •  

    Copyright 2010 GSJA Serang.

    Theme by WordpressCenter.com.
    Blogger Template by Beta Templates.